Wednesday, November 30, 2016

Sakit Gigi Tak Akan Jadi Masalah Besar Lagi, Jika Anda Sudah Mempersiapkan Ramuan Ini ...

Salah satu yang paling dikenal dan paling menyebalkan dari semua sakit adalah gigi, yang juga dapat benar-benar tak tertahankan. Bahkan, rasa sakit ini begitu kuat yang mengalihkan perhatian Anda dari setiap kewajiban sehari-hari, menempatkan Anda dalam mood yang buruk dan Anda tidak bisa makan secara bebas seperti yang Anda selalu lakukan.

Pilihan terbaik untuk mengobati sakit gigi adalah untuk memeriksanya ke dokter gigi. Namun, sakit gigi biasanya muncul tiba-tiba, di larut malam, waktu yang kurang pas untuk pergi ke dokter gigi Anda. Atau bayangkan Anda bepergian jauh atau Anda tidak bisa pergi ke dokter gigi Anda untuk beberapa alasan. Apa yang akan Anda lakukan untuk membantu diri Anda sendiri atau membantu anak-anak Anda? Itulah sebabnya mengapa setiap orang harus tahu tentang obat rumah yang sangat efektif dan memberikan bantuan instan.

Mungkin masalah terbesar yang dapat terjadi adalah memiliki sakit gigi pada malam hari yang dapat berlangsung selama berjam-jam dan mengganggu tidur Anda. Obat alami yang kami sajikan dalam artikel ini benar-benar baik dan efektif. bahkan untuk sakit gigi terburuk sekalipun akan hilang dalam hanya satu menit.

Obat alami yang menghilangkan sakit gigi dalam hanya satu menit:


Bahan-bahan :
  • Cengkeh Bubuk
  • Minyak kelapa

Seperti yang Anda lihat, Anda dapat menemukan bahan-bahan ini sangat cepat dan mudah. Atau Anda mungkin sudah memiliki mereka di rumah Anda. Untuk membuat ini obat alami yang mengikuti prosedur ini:

Persiapan:

Mengambil setengah sendok teh kedua bahan, menempatkan mereka dalam gelas dan campurkan hingga seperti pasta.

Oleskan campuran pada gigi dan gusi yang sakit dan merasa perlu bantuan instan. Anda dapat melakukan ini sampai tiga kali sehari.

MENGAPA OBAT INI BENAR-BENAR BEKERJA?

Semua ini adalah karena eugenol, zat yang terkandung di dalam debu cengkeh, yang sangat efektif obat penghilang rasa sakit. Sementara minyak kelapa memiliki efek antibakteri.

Sumber: versosyreflexiones.com

Setelah Membaca Ini, Anda Akan Mulai Menerapkan ALUMINIUM FOIL pada Tubuh Anda ...

Tahukan anda ternyata alumunium foil tak hanya berguna untuk produk rumah tangga saja tetapi bisa untuk alat penyembuhan sakit ringan. Dikutip dari healthyfoodhouse, alumunium foil sudah digunakan untuk penyembuhan di Cina bahkan Rusia sejak dahulu.

Penyakit apa saja yang bisa diringankan oleh alumunium foil? mereka adalah penyakit ringan seperti sakit nyeri leher, punggung, bahu, lutut dan tumit. Bagaimana menggunakan benda itu untuk menyembuhkan? menurut artikel itu, pakai almunium foil secukupnya digunakan untuk membungkus daerah yang sakit.

Secara teoritis, almunium itu akan mengalirkan bioflows melewati tubuh kita di titik titik biologis aktif, hal itu memiliki efek positif pada organ sehingga mengurangi rasa sakit.

Metode itu pada dasarnya sudah digunakan sejak lama dan dipraktikkan oleh penyembuh Cina dan Rusia, bahkan dijelaskan dalam buku-buku dari Wilhelm Reich, seorang psikoterapis.

Selain itu, Aluminium foil disebut juga membantu menyembuhkan luka bekas operasi, caranya?

Ambil selembar aluminium foil, letakkan di tempat yang sakit bungkus dengan aman menggunakan perban.

Jika jari-jari anda terluka kemudian ingin lekas kering bisa dibungkus pada lukanya, bila mengacu pada pengobatan Cina, proses itu setidaknya harus berlangsung selama 10-12 jam.

Langkah itu tentunya dilakukan secara berulang untuk mendapatkan efek yang sempurna, untuk penyakit nyeri yang akut butuh istrihat khusus selama terapi dilakukan yaitu 1-2 minggu.

Selain fungsi kesehatan, Aluminium foil biasa digunakan untuk membungkus makanan atau menjaga agar tetap panas. Namun foil ternyata memiliki banyak manfaat lain seperti menghilangkan karat.

Caranya remas selembar foil, lalu gunakan untuk menggosok titik-titik karat dari bumper mobil dan batang besi tirai kamar mandi, bahkan bisa untuk memperbaiki koneksi baterai yang longgar.

Caranya dengan lipat selembar foil menjadi seukuran 2,5 cm beberapa kali, lalu selipkan di antara baterai dan per yang longgar. Dengan cara ini baterai tetap terpasang kokoh.

Alumunium foil bisa juga menjadi pemancar panas, artinya aluminium bisa merefleksikan panas ke ruangan hanya dengan mendekatkan benda itu ke sumber panas.

Dengan Menggunakan Masker Ini. Jerawat, Bintik Hitam, dan Muka Berminyak Hilang Dalam Satu Malam !

Salah satu bahan alami tradisional yang terkenal khasiatnya untuk perawatan kulit wajah adalah Kunyit. Dalam bahasa ilmiah kunyit di kenal dengan sebutan Curcurma Longa.

Kunyit kaya akan vitamin B6, C, zat besi dan magensium. Selain itu juga mengandung sifat anti aging dan dapat membantu mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus pada wajah.

Sifat anti-inflamasi, anti bakteri dan jamur pada kunyit dapat membantu mengatasi masalah jerawat yang membandel. Apa cuma itu manfaat kunyit untuk kulit? Masih banyak manfaat lainnya, berikut ini ulasannya.

Manfaat Masker Wajah dari Kunyit

Untuk mendapatkan kulit putih, lembut, kenyal dan sehat, cara terbaik adalah menggunakan perawatan dari bahan alami, salah satunya kunyit. Berikut ini manfaat kunyit untuk kecantikan kulit.

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum di jumpai hapir setiap orang. Bakteri dan kotoran yang tersumbat dalam pori-pori merupakan penyebab masalah jerawat. Kunyit dapat membantu menyembuhkan jerawat dan menjaga kebersihan kulit. Selain itu juga dapat membantu mengendalikan sebum sehingga mampu mengurangi terjadinya jerawat.

Pigmentasi

Perubahan hormon, paparan sinar matahari dan tubuh yang terlalu banyak memproduksi melanin merupakan penyebab pigmentasi pada kulit. Rutin menggunakan kunyit dapat membantu mengurangi pigmentasi.

Mencerahkan kulit

Kebiasan menggunakan kunyit untuk perawatan kulit dapat manjadikan kulit Anda cerah dan sehat.

Stretch Marks

Stretch mark sering terjadi pada ibu-ibu muda. Penerapan kunyit secara teratur membantu mengatasi masalah stretch mark.

Melembabkan

Kunyit merupakan bahan alami yang sangat baik untuk membantu mengatasi kulit kering. Terapkan dengan susu untuk melembabkan kulit kering.

Membersihkan kulit

Memijat kunyit yang dicampur dengan susu krim pada kulit membantu membersihan dan mengurangi rambut pada kulit.

Aging

Kunyit dapat membantu menunda penuaan, antioksidan di dalamnya memainkan peran kunci dalam memerangi penuaan.

Cara Membuat Masker Wajah dari Kunyit

Ada banyak metode perwatan kulit dengan bahan kunyit. Anda dapat mendambahkan 1 sdt bubuk kunyit dan gula kedalam segelas susu panas. Rutin minum susu campuran kunyit ini dapat mengatasi semua masalah kulit.
Untuk penerapan secara eksternal yang terbaik adalah dengan masker, berikut ini beberapa resep masker wajah dari kunyit.

Masker Wajah Kunyit dan Madu

Masker wajah dari kunyit yang di campur dengan madu bermanfaat untuk mengatasi bintik bintik hitam pada kulit. Madu bertindak sebagai pemutih alami dan membantu menghilangkan bintik hitam. Air lemon bermanfaat untuk mencerahkan kulit.
Bahan:
  •  Tepung geam/oatmeal, 2 sdt.
  •  Susu, 1 sdt.
  •  Kunyit, ½ sdt.
  •  Madu ½ sdt.
  •  Air lemon, beberapa tetes

Cara:

Campurkan kunyit, tepung gram, susu, air lemon, dan madu. Aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta pada wajah dan biarkan 10-15 menit. Cuci dengan air dingin.

Masker Wajah Kunyit dan Tomat

Masker wajah campuran kunyit dan tomat juga bagus untuk mengatasi bintik-bintik hitam pada wajah. Tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat mencerahkan kulit kusam dan mengatasi kelebihan minyak.

Bahan:
  •  Tepung gram, 2 sdt.
  •  Susu, 1 sdt.
  •  Jus tomat, 1 sdt.
  •  Kunyit, ½ sdt.
  •  Jus lemon, beberapa tetes
  •  Minyak almond, beberapa tetes

Cara:

Campur semua bahan untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada wajah dan biarkan sedikit kering. Hapus pasta dengan cara menggosok lembut berlawanan arah jarum jam.Cuci dengan air dingin.

Masker Wajah Kunyit dan Daun Mint

Daun mint kaya akan minyak esensial yang mengandung mentol. Menthol merupakan zat yang dapat membantu mengatasi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan juga memiliki sifat antibakteri. Masker wajah dari kunyit dan daun mint ini bagus untuk mengatasi dan mengurangi masalah jerawat.

Bahan:
  •  Jus mint, 2 sdt.
  •  Bubuk kunyit, 1 sdt.

Cara:

Campurkan jus mint dan bubuk kunyit untuk membuat pasta tebal.
Oleskan pasta dan biarkan selama 15 menit. Cuci wajah dengan air dingin.

Masker Wajah Kunyit dan Baking Soda

Baking soda membantu untuk pengelupasan kulit dan menghilangkan warna kecoklatan pada kulit. Air mawar bermanfaat untuk mendinginkan kulit.

Bahan:
  •  Air mawar, 1 sdt.
  •  Baking soda, 1 sdt.
  •  Bubuk kunyit, ½ sdt.

Cara:

Campur baking soda, air mawar, dan bubuk kunyit untuk membuat pasta. Oleskan pasta dan biarkan selama 10 menit. Cucinya dengan air dingin.

Masker Wajah dari Kunyit dan Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, mencerahkan warna kulit, dan melembabkan kulit.

Bahan:

  •  Yogurt, 1 sdt.
  •  Alpukat tumbuk, 1 sdm.
  •  Bubuk kunyit, ¼ sdt

Cara:

Campurkan semua bahan diatas untuk membuat pasta. Terapkan dan biarkan selama 10 menit. Cucinya dengan air hangat.

Masker Wajah Kunyit dan Putih Telur

Putih telur membantu menghilangkan komedo dan minyak berlebih, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi garis-garis halus. Masker wajah ini sangat ideal untuk kulit kering.

Bahan:
  •  Putih telur, 1
  •  Jus lemon, 1 sdt.
  •  Air mawar, 1 sdt.
  •  Minyak zaitun, 1 sdt.
  •  Kunyit, ½ sdt.

Cara:

Campur semua bahan untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada wajah dan leher dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin.

Masker Wajah Kunyit dan Nanas

Jus nanas kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan mineral yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan menghapus lingkaran hitam.

Bahan:
  •  Jus nanas, 2 sdt.
  •  Kunyit, 1 sdt.

Cara:

Campur semua bahan untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada lingkaran hitam, dan biarkan 20 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker Wajah Kunyit dan Kedelai

Masker wajah campuran kunyit dengan kedelai ini dapat membantu untuk memutihkan kulit.

Bahan:
  •  Kedelai, 15 g
  •  Kunyit segar, 10 g
  •  Madu, 1 sdt.

Cara:

  1. Rendam kedelai dalam air hangat selama 20 menit.
  2. Saring.
  3. Giling kedelai dan kunyit bersama-samaa dan tambahkan madu untuk membuat pasta halus.
  4. Oleskan pasta pada wajah dan leher, dan biarkan kering.
  5. Bilas dengan air hangat.

Tuesday, November 29, 2016

Hanya Dalam 60 Detik Telinga Anda Akan Bersih Dari Seluruh Kotoran-kotoran Yang Ada di Dalamnya...

Sakit telinga tak tertahankan mungkin saja hilang dengan pemakaian beberapa bahan dari dapur Anda

Cerumen atau kotoran telinga yakni zat kekuningan yang diproduksi di saluran telinga, yang disekresikan oleh kelenjar cerumen ada di telinga. Perannya yakni untuk melindungi sisi dalam telinga yang aman dari debu, kotoran dan bakteri. Namun, umumnya orang berasumsi ini tak perlusehingga mereka secara teratur bersihkan telinga.

Dalam kebanyakan permasalahan, orang menggunakan cotton body untuk bersihkan kotoran telinga, tetapi Anda harus tahu kalau mereka tidak efektifitas demikian sebaliknya, mereka hanya mendorong bakteri ke dalam telinga.

Selain itu, Anda juga harus tahu kalau keunggulan lilin dihilangkan lewat cara alami dengan kunyah atau menelan.


Kadang-kadang, hal sejenis itu dapat mengakibatkan permasalahan yg tak mengasyikkan seperti sakit kepala, persoalan sinus, sakit telinga, permasalahan pendengaran, dan terkadang, pusing.

Oleh karena itu, Dr. David Hill dapatkan ketetapan alami untuk permasalahan itu, dan ia mengklaim kalau cuka sari apel dapat menolong. Anda hanya bakal memerlukan beberapa kecil.

Untuk persiapan obat itu Anda bakal perlu cuka putih dan alkohol. Cuka putih yakni antibiotik yang kuat dan antimikroba yang efektif melawan infeksi.

Campurkan 1 sisi alkohol dan 1 sisi cuka putih. Ambillah satu sendok teh, 5 mililiter, kombinasi dan tuang ke telinga dengan memiringkan kepala Anda ke satu sisi. Lantas, kembali pada posisi normal dan lilin bakal mengalir keluar dari telinga.

Ulangilah prosedur 2 x sehari untuk bersihkan terjebak air, kotoran telinga dan menyembuhkan infeksi telinga.

Obat alami itu pasti akan menolong, telinga Anda akan jadi bersih, dan anda bakal diselamatkan dari rasa sakit tidak tertahankan.

Sumber : collectiverevolution.co

Tersiksa Oleh Gatal Jamur di Pangkal Paha, Jangan Sampai Salah Metode Pengobatan Karena Dapat Menjadi Semakin Parah dan Menyiksa ...

Apakah Anda mengalami gatal pada bagian selakangan atau pangkal paha yang biasa di sebabkan oleh alergi, ataupun karena jamur yang timbul karena kurangnya menjaga kebersihan badan dan pakaian. Dan pada kondisi yang sudah lumayan parah akan mengakibatkan bekas luka garukan berwarna hitam dan kulit akan menebal sehingga susah untuk di obati, sangat disarankan untuk segera melakukan penangnan karena jika sudah menjadi gatal menahun akan semakinsulit untuk di sembuhkan.

Tinea cruris atau yang biasa disebut dengan jock itch adalah infeksi fungi atau jamur yang menjangkiti kulit di bagian paha dalam,  dan bokong sebagai penyebab munculnya ruam berwarna merah yang biasanya berbentuk lingkaran dan terasa gatal.

Tinea cruris biasa menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, seperti atlet, namun banyak diderita juga oleh orang-orang yang mengalami obesitas. Penyakit ini bukanlah penyakit yang serius, namun sering menimbulkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tidak nyaman.
Pengobatan tinea cruris sebenarnya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan salep atau obat antijamur dan menjaga bagian pangkal paha untuk tetap dalam kondisi yang kering dan bersih.

Gejala Penyakit Gatal Selangkangan

Biasanya dimulai dengan area kulit memerah yang menyebar keluar dari lipatan di pangkal paha dalam bentuk setengah bulan ke paha atas. Batas ruam dapat terdiri dari garis kecil, mengangkat lecet. Ruam sering gatal kadang perih, dan kulit mungkin bersisik atau menebal.

Penyebab Penyait Gatal Selangkangan

Gatal diselakangandisebabkan oleh sejenis jamur yang dapat menyebar dari orang ke orang atau dari penggunaan bersama handuk atau pakaian yang terkontaminasi. Umumnya infeksi menyebar dari kaki ke pangkal paha, karena jamur dapat menyebar melalui tangan atau handuk.

Selain itu, menjaga kondisi fisik tetap bersih dan sehat, adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya gatal-gatal pada selangkangan maupun daerah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah memudahkan penyakit menyerang termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal.

Jika memang sudah terlanjur terkena gatal memang agak sedikit sulit cara penanganannya, meski tidak berarti tidak bisa disembuhkan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda coba :

Tips Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

  • Mencuci pangkal paha dan pantat dan sekitar dubur dengan air sabun setelah olahraga yang mengeluarkan keringat berlebihan.
  • Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda juga dapat mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda. Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik untuk mengurangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada selangkangan. Perhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.
  • Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama jika pakaian tersebut dalam keadaan lembab oleh keringat.
  • Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.
  • Hindari makanan atau pantangan yang bisa membuat gatal-gatal pada selangkangan timbul.
  • Jangan menggunakan celana dalam ketat atau sempit, karena hanya akan membuat kulit lipatan paha anda panas dan mengeluarkan keringat
  • Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan dan daerah lipatan lainnya.
  • Sembukan segera penyakit gatal anda, anda akan semaki percaya diri, karena semua penyakit pasti ada obatnya 


Kapan harus ke dokter?

Jika gejala tidak membaik setelah dua minggu perawatan, Anda harus kontrol ulang ke dokter.Siapa tahu ada infeksi sekunder yang membuat penyakit menjadi lebih buruk sehingga memerlukan pengobatan tambahan.

Jika diperlukan dokter akan meresepkan obat antijamur yang lebih kuat, seperti: 

  • ekonazol, obat jamur topikal (krim)
  • oxiconazole, obat jamur topikal (krim) 
  • itrakonazol, obat jamur oral atau minum 
  • flukonazol, obat jamur oral atau minum


Obat antijamur oral dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti sakit perut dan sakit kepala. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami efek samping ini, pastikan untuk membicarakannya dengan dokter agar diberikan solusi yang tepat.

Inilah Metode Persalinan yang Tepat Untuk Wanita Hamil Yang Pernah Sesar Sebelumnya ...

Ada istilah yang berkembang bahwa sekali sesar maka harus sesar lagi sehingga banyak para dokter kandungan yang melakukan operasi sesar pada wanita hamil yang sudah pernah sesar. Bahkan di Amerika Serikat sekalipun angka sesar meningkat sangat tinggi, disebutkan bahwa hanya sekitar 3% saja wanita bekas sesar yang melahirkan secara normal di Amerika Serikat.

Sebetulnya usaha melahirkan normal pada wanita hamil yang pernah sesar bukanlah hal yang tabu atau hal yang salah. Tapi … kenyataannya jumlah wanita yang melakukan persalinan normal dengan riwayat bekas sesar (katakanlah dengan istilah TOLAC atau VBAC) sangat sedikit, di Amerika Serikat sendiri jumlah kurang dari 10% saja yang melahirkan secara normal, artinya yang berhasil melahirkan secara normal hanya sedikit saja.

TOLAC adalah TRIAL OF LABOR AFTER CESSAREAN BIRTH = persalinan percobaan pada wanita hamil yang pernah lahiran sesar.

Pada persalinan TOLAC, terdapat resiko robekan rahim sebesar 0,5 – 1% saja. Lalu apakah operasi sesar itu lebih aman? Cukup sulit untuk menjawabnya, karena operasi sesar pada wanita bekas sesar bukanlah sesuatu yang tanpa resiko. Jelas resiko operasi lebih besar tetapi pada upaya TOLAC terdapat resiko yang melekat yaitu robekan rahim spontan sebelum melahirkan atau saat melakukan persalinan.

Keputusan untuk melakukan TOLAC harus betul-betul disertai dengan banyak pertimbangan, tidak bisa hanya melihat dari sisi medis saja, tetapi faktor lingkungan, sarana prasarana dan kesiapan sumber daya manusia juga sangat menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan TOLAC.

Beberapa pertimbangan medis yang biasanya dipakai untuk menentukan apakah wanita hamil boleh melakukan TOLAC antara lain riwayat persalinan sebelumnya, kenapa kok dioperasi, punya penyakit apa, dan sebagianya sehingga secara medis dapat disimpulkan boleh untuk melakukan TOLAC. Boleh! ingat ya BOLEH! bukan BISA! Kalo BOLEH artinya boleh untuk melakukan TOLAC tetapi tetap mewaspadai kegagalan upaya TOLAC (belum tentu berhasil melahirkan normal), kalo BISA berarti kita jadi dukun yang bisa meramal berhasil tidaknya wanita hamil melahirkan dengan cara TOLAC. Karena setiap persalinan itu pada dasarnya adalah PERCOBAAN sehingga terdapat potensi untuk terjadinya DISTOSIA atau macet persalinan.

Wanita Hamil Bekas Sesar Kontrol Kehamilannya Di Mana? Terus Kalau Melahirkan TOLAC Bisa Gak Di PUSKESMAS?

Biasanya dokter kandungan akan berusaha menghindari terjadinya induksi persalinan karena induksi persalinan pada wanita hamil bekas sesar meningkatkan resiko robekan rahim. Tapi pertimbangan medis dokter kandungan tetap menjadi acuan untuk dilakukan atau tidaknya induksi persalinan (rangsangan persalinan). Wanita hamil yang akan melakukan TOLAC mesti melahirkan di RUMAH SAKIT, bukan di PUSKESMAS atau BIDAN atau KLINIK. Bahkan kontrol selama hamil pun WAJIB di RUMAH SAKIT, TIDAK BOLEH di bidan / puskesmas / klinik karena akan dilakukan evaluasi secara menyeluruh tiap kontrol sebagai bahan pertimbangan apakah layak untuk mencoba TOLAC atau tidak. BEKAS SESAR adalah golongan KEHAMILAN RESIKO SANGAT TINGGI. Yang boleh kontrol hamil di bidan / klinik / puskesmas adalah kehamilan resiko rendah yaitu kehamilan tanpa sesuatu masalah apapun karena pada KEHAMILAN RESIKO TINGGI / SANGAT TINGGI dibutuhkan layanan pemeriksaan kehamilan yang terbaik yaitu pada dokter kandungan / rumah sakit.

Kenapa kok TOLAC WAJIB melahirkan di rumah sakit? karena untuk mewaspadai terjadinya robekan rahim dan untuk mempercepat penanganan. Coba ibu bayangkan seandainya robekan rahim terjadi di puskesmas / klinik / bidan … berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merujuk pasien supaya dokter kandungan bisa segera melakukan operasi sesar darurat?

Mengapa Wanita Hamil Bekas Sesar Hampir Ssemuanya Di-Sesar Lagi?

Beberapa faktor berperan dalam keberhasilan atau kegagalan upaya TOLAC atau istilahnya wanita hamil yang mau melakukan TOLAC makin menurun jumlah karena beberapa sebab antara lain banyaknya kasus rujukan terlambat atau rujukan salah dari tenaga kesehatan diluar rumah sakit sehingga resiko komplikasi bahkan resiko persalinan meningkat sangat tinggi. Contohnya begini wanita hamil bekas sesar, tidak pernah kontrol ke rumah sakit, tau-tau dirujuk dengan pembukaan 3 cm maka otomatis dokter kandungan akan melakukan sesar karena para dokter kandungan tidak tahu riwayat sesarnya yang dulu bagaimana, kondisi sebelum dirujuk bagaimana, diskusi mengenai persalinan TOLAC bagaimana, kondisi ibu dan bayi bagaimana, dan banyak lagi, bahkan tidak jarang terjadi komplikasi pada wanita bekas sesar yang tidak pernah atau tidak rutin kontrol kehamilan ke dokter kandungan. Pengalaman pribadi dokter kandungan yang pernah melihat bagaimana ngerinya robekan rahim juga menjadi pertimbangan sendiri. Tidak ada dokter kandungan Indonesia yang ingin pasiennya celaka. Setiap tindakan yang diambil mesti bertujuan untuk menolong pasiennya.

Dimana Saya Boleh Melakukan TOLAC?

Organisasi dokter kandungan Amerika Serikat menyatakan bahwa pasien yang boleh melakukan TOLAC harus ada dokter kandungan yang standby, dokter bius yang standby, sehingga bila terjadi robekan rahim bisa segera dilakukan operasi sesar karena robekan rahim spontan pada TOLAC tidak dapat diprediksi.

Menurut saya, TOLAC sebaiknya dilakukan di rumah sakit pendidikan dimana dokter spesialisnya ada yang bertugas jaga di kamar bersalin, dikenal dengan istilah dokter PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis). Mereka sangat cekatan dan dididik untuk melakukan pertolongan pada wanita hamil baik secara normal ataupun operasi, tentunya dengan pengawasan dan bimbingan dari para dokter spesialis senior yang ada di rumah sakit itu. Lah kalo di rumah sakit swasta? Sulit … resikonya terlalu tinggi karena yang mengawasi bidan, perawat, belum lagi dokter kandungannya masih menolong pasien melahirkan di rumah sakit lain. Artinya kondisi rumah sakit swasta tidak cukup ideal untuk melakukan TOLAC tetapi dokter kandungan akan mempertimbangkan boleh tidaknya ibu hamil melakukan TOLAC di rumah sakit swasta. Makanya diskusi dengan dokter kandungan perlu dilakukan.

KESIMPULANNYA adalah pasien mesti berdiskusi untuk mengambil keputusan yang terbaik apakah mau TOLAC atau operasi sesar lagi. Dan diskusi itu tidak boleh dalam kondisi sudah mules mau melahirkan karena dokter mesti melakukan pemeriksaan secara paripurna dan bertahap sejak hamil kecil s/d hamil tua untuk menentukan apakah secara medis memungkinkan untuk TOLAC atau tidak.

Tetapi ingat ya sekarang jalanan macet dimana-mana, pertimbangannya tidak murni medis lagi, banyak faktor yang harus dipikirkan bila ibu hamil memutuskan untuk TOLAC. Juga harus diingat bahwa resiko operasi pada bekas sesar juga meningkat, dalam artian operasi sesar pada bekas sesar bukan hal yang paling aman. Ibu hamil mesti memilih dan mempertimbangkan apa yang terbaik bagi dirinya dan bayinya dengan mempertimbangkan semua faktor. Maka dari itu periksakan kehamilan ibu secara teratur dan harus bertanya pada bidan atau dokter apakah kehamilan ibu termasuk resiko tinggi atau resiko rendah. Bila termasuk resiko tinggi maka WAJIB kontrol di rumah sakit.

sumber:www.cucuk-spog.com

Mau bebas Kolesterol Secara Alami? Coba Deh Rutin gunakan Bahan Alami ini dan Say Goodbye sama Kolesterol!

Bermasalah dengan kolesterol tinggi? Gaya hidup masyarakat kini yang serba instant, dengan konsumsi makanan yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu naiknya tingkat kolesterol pada tubuh, Nah Anda ingin tau cara mudah untuk say goodbye sama kolesterol dengan cara alami?

Berikut ini kami kutip dari facebook Dr. Muhammad Arifin Badri

Selamat Tinggal Kolesterol
Anda bermasalah dengan kolesterol?

Ini dia penawarnya, -dengan izin Allah- secangkir juz jeruk nipis setiap pagi.

Bila selama ini hanya istri anda yang menggunakan jeruk nipis untuk melawan lemak yang membandel di piring dan panci, maka kini sudah saatnya anda yang menghunakannya untuk melawan lemak yang bercokol di perut dan pembuluh darah anda.

Anda tertarik? Ambil 2 biji jeruk nipis yang sudah cukup tua, peraslah dan campur air perasannya dengan secangkir air hangat.

Minumlah SECARA RUTIN perasan jeruk nipis ini setiap pagi sebelum anda makan apapun.

Setelah minum air jeruk nipis, jangan sekali kali makan apapun minimal selama 1 jam, agar air jeruk nipis bekerja maksimal meluruhkan lemak di perut dan tubuh anda.

Selanjutnya katakan : SELAMAT TINGGAL KOLESTEROL.
Sebarkan informasi bermanfaat ini agar semakin banyak orang yang terbantu.


Untuk Ibu Hamil, Lakukanlah Amalan ini Agar Anak Terlahir Sempurna Dan Menjadi Anak yang Shaleh

Dari Anas Malik, Rasulullah saw bersabda : ‘’ Dzikrullah adalah suatu bukti adanya iman, bebas nifak dan benteng dari serangan setan serta api neraka “. (Al-Hadits)

Sebagai seorang wanita muslimah khususnya seorang ibu yang sedang mengandung, tentu mulutnya tak henti-hentinya mengagungkan kebesaran sang Khaliq yaitu dengan cara berdzikir kepada Allah swt. Hal ini dimaksudkan agar anaknya kelak terlahir sempurna dan menjadi anak yang shaleh-shalehah.

Dzikir adalah aktifitas sadar pada setiap waktu atau sewaktu-waktu. Aktifitas ini suatu yang wajib bagi setiap orang-orang mukmin, yang berpengaruh teguh pada tali agama Allah. Allah swt berfirman :
“ Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang “. (QS.Al-Ahzab : 41-42)
Rasulullah juga pernah bersabda :

“ Perumpamaan orang yang berdzikir kepada Allah dengan yang tidak berdzikir itu seperti orang yang hidup dengan orang yang mati “.

Dalam Al-Waabilus-Shayyib, Ibnul Qayyim Rahimahullah menyebutkan sekitar 80 faedah dzikir, diantaranya :

  • 1. Dzikir adalah makanan pokok bagi hati dan ruh.
  • 2. Dzikir dapat mengusir setan dan menundukkannya, juga menjadikan kita diridhai dan dicintai Allah Ta’ala.
  • 3. Dzikir juga menghilangkan kesedihan dan kegelisahan dari hati serta mendatangkan kegembiraan.
  • 4. Dzikir memberikan cahaya bagi hati dan wajah, memberikan pakaian kewibawaan dan keindahan.
  • 5. Dzikir menyebabkan seorang hamba diingat oleh Allah Ta’ala, sebagaimana firman-Nya :
  • “ Maka ingatlah kepada-Ku, pasti aku akan ingat kepadamu “. (QS.Al-Baqarah : 152)

Oleh karena itu seorang ibu muslimah sebaiknya memasukan kegiatan ini dalam agenda program pendidikan anak dalam kandungannya. Sebagaimana kita ketahui, metode dzikir itu sendiri dapat berupa dzikir dalam arti umum atau khusus.

Yang termasuk dzikir umum yaitu tindakan berupa kewaspadaan dan senantiasa mengingat bahwa ia berstatus sebagai hamba Allah. Sehingga setiap kegiatannya tiada lain kecuali pengabdian diri kepada Allah swt semata dalam keseluruhan waktunya. Ia senantiasa menumbuhkan kesadaran untuk menyandarkan seluruh hidupnya hanya kepada Allah swt (tawakhal) dan menjauhi segala hal yang menjadi larangan-Nya dengan tidak melakukan tindakan yang menyimpang dari jalan Allah swt. Dengan kesadaran seperti ini , si ibu hamil akan berupaya keras untuk melibatkan anak dalam kandungannya secara terus menerus selama ia terjaga.

Sedangkan dzikir secara khusus berarti ia melakukan dzikir khusus seperti dengan lafadz khusus, tasbih,tahmid,takbir,tahlil,doa-doa istighatsah,istighfar, yang bisa dilakukan sewaktu-waktu sesuai kondisi yang menyertainya. Cara melakukan dengan metode ini sangat mudah, yaitu tatkala sadar, ingat, dan berdzikir kepada Allah swt, jangan pernah lupa untuk mengusap perut si ibu hamil sambil mengatakan kepada anak dalam kandungannya, “ Nak mari berdzikir ... Suhanallah Wal Hamdulillah Wala ilahailallah Wallahu Akbar “. Atau membacakan kalimat-kalimat thayyibah lainnya sambil terus melibatkan aktifitas dzikir tersebut dengan anak dalam kandungannya.


Setiap hentakan dan tarikan nafas sang ibu senantiasa di rasakan anak atau janin dalam kandungannya. Oleh karena itu, hendaknya seorang ibu senantiasa menggerakkan lidahnya untuk berdzikir. Apabila lidah seorang ibu tak pernah berhenti dalam berdzikir maka secara otomatis sang janin pun ikut berdzikir. Bahkan janin yang semula rewel selama dalam rahim sang ibu, maka ia akan tenang setelah mendengarkan lantunan dzikir yang di ucapkan oleh sang ibu. Allah swt berfirman :

“ Ingatlah dengan dzikir (ingat) kepada Allah, hatimu akan tentram “. (QS.Ar-Ra’du : 28)

Monday, November 28, 2016

INGAT! Jangan Biasakan tidur saat Rambutmu dalam Keadaan Basah! Ini yang akan terjadi!

Pernahkah anda langsung tidur dalam keadaan rambut masih basah setelah keramas? Jika iya, mulai sekarang anda harus menghentikan kebiasaan tersebut karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Menurut sebuah penelitian, tidur dalam keadaan rambut masih basah dapat memicu penyakit flu, sakit tenggorokan, pilek dan batuk disertai iritasi, terutama pada saat musim dingin atau penghujan.

Dalam kasus misalnya anda tidur di sebuah ruangan dengan suhu yang hangat, hal ini tidak masalah dan tidak menimbulkan bahaya apapun jika anda menginginkan langsung tidur dalam keadaan rambut masih basah.

Namun, jika ruangan tersebut memiliki suhu yang dingin atau pada saat musim penghujan, maka anda harus berhati – hati karena kulit kepala akan kehilangan sejumlah besar energi panas.

Ada tiga alasan utama, mengapa sebaiknya anda harus mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur:

1. Sakit kepala

Dalam kondisi tidur REM (Rapid Eye Movement Sleep), suhu tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Dengan begitu tubuh akan menjadi panas dan efek kelembapan yang diciptakan (jika rambut dalam kondisi masih basah) dapat memicu terjadinya sakit kepala kronis.

2. Infeksi

Bantal yang anda gunakan pada saat tidur menjadi  tempat yang ideal untuk perkembangbiakan bakteri karena menyerap keringat, sel – sel mati dan minyak alami yang dikeluarkan dari kulit anda. Rambut yang basah tentu akan membasahi bantal pula, kondisi ini akan menciptakan tempat yang sempurna untuk mengembangkan infeksi.


3. Kerusakan rambut

Saat masih basah, rambut dapat rusak dengan lebih mudah. Oleh karena itu, tentu saja hal ini juga dapat memengaruhi penampilan anda secara keseluruhan.

Pada intinya, sangat disarankan agar sebisa mungkin menghindari tidur dalam keadaan rambut masih basah, karena hal ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan mulai dari yang ringan hingga kronis. Dan juga jangan sekali – kali pergi ke kamar tidur pada saat rambut masih basah menetes. Setidaknya keringkan terlebih dahulu dengan kain atau handuk, terutama wanita yang memiliki rambut panjang.

WOW Butuh Cuma 2 Menit Saja, Hidung Tersumbat Anda Bisa Diatasi Dengan Cara Ini..tolong Bagikan Keteman Yang Lain..!

Masuk musim hujan, jadi penyakit rawan menyerang kita. Serta penyakit yang seringkali dihadapi saat musim hujan tiba yaitu flu, pilek serta demam. Aspek cuaca yang diingin disaat hujan jadi alasan seorang diserang penyakit-penyakit tersebut .

Terutama flu, seringkali kita bakal alami yang namanya hidung terhalang. Ini yang kadang-kadang bikin pernafasan kita jadi terganggu. Nada terkadang jadi sangau karena ada yang menyumbat berbentuk !ngus di hidung kita.

Untuk menangani hal itu langkahnya begitu mudah. Anda cukup lakukan pemijatan simpel di ruang bawah mata dekat hidung. Pakai 2 jari telunjuk serta jari tengah untuk memijat pada ruang itu lewat cara memutar. Kerjakan pemijatan itu dengan cara bersamaan kiri serta kanan sebagian menit sampai anda mulai terasa baikan. (Cermati Gambar)

Trick ini termasuk simpel tetapi begitu ampuh menangani hidung terhalang anda akibat flu. Mohon BAGIKAN tips ini pada rekan-rekan facebook yang lain agar mereka juga tahu.


Mudah-mudahan berguna serta selamat coba...

Ini dia Manfaat Kesehatan dibalik Makanan Pahit yang Perlu kamu Ketahui!

Sebagian besar orang tidak terlalu suka dengan makanan yang rasanya pahit. Makanan-makanan pahit seperti pare, daun pepaya, dan lain sebagainya, kerap kali dihindari orang. Padahal makanan-makanan pahit tersebut menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh seperti yg dilansir merdekaDOT com. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini..

1. Membantu Pencernaan

Produksi enzim pencernaan yang ada di dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan pahit. Makin baik pencernaan makanan, makin banyak pula nutrisi yang dapat diserap tubuh.

2. Kaya vitamin dan mineral

Sayuran pahit seperti pare menawarkan segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Makanan pahit memiliki kandungan vitamin C, K, dan A, serta mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Sayuran-sayuran pahit juga kaya akan serat, dan foliate, namun rendah sodium dan lemak.

3. Melawan radikal bebas

Studi terbaru telah menunjukkan bahwa makanan pahit, termasuk salah satunya adalah cokelat pahit dapat membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan kata lain, hal tersebut dapat mencegah penyakit kanker ataupun penyakit saraf.

4. Mengusir racun yang ada di liver

Kesehatan hati memainkan peran penting terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mencegah kesehatan hati bisa dilakukan dengan cara mudah dan sederhana, yakni mengonsumsi makanan pahit. Sayuran pahit seperti kale(sejenis kubis) dan sayuran lainnya yang mengandung phytonutrien dapat membantu liver atau hati melakukan tugasnya seperti menyeimbangkan hormon, menjaga tingkat kolesterol, dan menghilangkan racun dari darah.

5. Mengurangi ketagihan gula

Mengonsumsi banyak gula atau makanan manis bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi bila anda mempunyai masalah dalam mengontrol gula darah. Kecanduan akan gula atau makanan manis bisa dikurangi dengan cara mengonsumsi makanan-makanan pahit.

SEMOGA BEMANFAAT

Rupanya Inilah Penyebabnya Mengapa Nasi cepat Basi atau Bau saat Menggunakan Alat Elektrik! Yuk atasi dengan Cara Berikut ini

Ketika masak nasi dengan dandang, sudah dianggap kuno, hal ini dikeranakan sudah adanya cara praktis, cuci beras, masukkan ke peralatan masak nasi elektrik, pencet tombol. Setengah jam kemudian, nasi pun matang. Mau hangat terus, juga bisa. Beberapa orang mengeluhkan memasak nasi dengan peralatan elektrik ini membuat nasi cepat basi. Kenapa ya?

Kerja bareng

Bagian penting dari sebuah peralatan masak nasi elektrik yang amat menentukan kualitas nasi ada 4, yakni elemen pemanas (heater), pengendali temperatur (termostat), wadah tempat menanak nasi (jar), dan bagian pengeluaran uap (steam outlet).

Heater yang bekerja menghasilkan panas baru bekerja bila ada arus listrik yang mengalirinya. Itu sebabnya, saat menanak nasi kita harus memencet tombol ON. Daya heater tiap peralatan masak nasi elektrik bervariasi, rata-rata antara 50 – 80 watt.

Heater tidak bisa bekerja sendirian melainkan bareng dengan termostat yang bertugas memastikan temperatur nasi berada dalam rentang temperatur 75 -800C. Nasi, tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Bila nasi sudah panas, termostat akan memutus aliran listrik ke heater agar pemanasan menjadi OFF. Sebaliknya, bila nasi sudah mulai dingin, bagian ini akan memberi informasi pada heateragar ON kembali.

Nasi yang berada dalam rentang tadi tidak akan cepat basi. Tapi, yang terjadi kadang respon termostat tidak sempurna sehingga temperaturnya turun hingga di bawah minimum. Bila ini terjadi, nasi cenderung berair dan cepat basi.

Kedua elemen listrik tadi sangat berkaitan dengan tegangan listrik. Di negeri kita, tegangan listrik yang harusnya 220 V sering tidak stabil terutama pada saat beban puncak yang terjadi pada malam hari, atau jika ada masalah gangguan suplai listrik. Tegangannya bisa turun hingga 180 V atau malah kurang dari itu. Akibatnya, heater yang didesain untuk tegangan 220 V tidak mampu menghasilkan panas yang cukup. Kinerja heater dan termostat pun terganggu dan berdampakburuk terhadap kualitas nasi. Nasi berair dan cepat basi.

Jalan keluar terbaik adalah memasak nasi secukupnya setiap pagi agar nasi selalu habis saat makan malam dan peralatan masak nasi yang bisa sekaligus menghangatkan nasi tidak perlu bekerja menghangatkan nasi pada malam ini. Cara lain, bila ada nasi yang berlebih, simpanlah di lemari pendingin untuk kemudian dihangatkan kembali esok paginya.


Bau yang menempel

Wadah tempat menanak nasi juga ikut mempengaruhi kualitas nasi. Wadah yang pernah digunakan untuk menghangatkan nasi basi, bau basinya akan menempel di pori-pori wadah, terutama wadah yang memiliki lapisan antilengket, juga di seal karet dan tutup peralatan. Gara-gara bau yang menempel ini, nasi yang tidak basi pun akan mengeluarkan aroma basi.

Yang terakhir adalah bagian pengeluaran uap. Bila lubang pengeluaran uap tersumbat sesuatu, entah itu nasi, lubang cenderung lembap dan menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri pembusuk. Uap air yang melewati bagian ini lalu terkontaminasi bakteri tadi dan nasi pun cenderung lekas basi.

Jadi, sesungguhnya nasi basi belum tentu salah peralatannya. Ketidaktahuan kita tentang seluk beluk peralatan ini pun bisa jadi menjadi penyebabnya.

Duh, Bayi ini Menangis Histersis, Ternyata Inilah yang Terjadi ...

Tangisan keras membuat sang Bundaikut  terbangun dan ikut membantu ibunya menangani si kecil. BundaRhea menduga baby Rhea tersedak. Dugaannya tak melesat, baby Rhea terlihat kesulitan bernapas, napasnya tertahan, badannya pun lemas. Sang Bundapun memasukkan jarinya ke tenggorokan si kecil dan menemukan sebuah tutup botol merek Sprite ukuran 1 liter.

Ia tak habis pikir mengapa, si kecil dapat menjangkau dan mengambil tutup botol itu. Soalnya, botol dan tutupnya itu berada jauh dari baby walker dan si kecil. Diperkirakan si kecil menggerakkan baby walker-nya, hingga dapat menjangkau tutup botol itu berada. Namanya bayi, ia tak tahu bahaya di balik benda itu, memainkan, memasukkan ke mulut, dan menelannya. Ia pun tersedak tutup botol itu. Usai tutup botol dikeluarkan, si kecil tetap tak bereaksi, lemas tak berdaya. 

Bundadan sang Nenek membawa baby Rhea ke dokter. Dokter yang memeriksa mengatakan, nyawa si kecil tak dapat diselamatkan karena kehabisan oksigen akibat saluran napasnya tersumbat tutup botol. Sang Bundatak kuasa menahan tangisan, berkali-kali dia memeluk si kecil.

Simak Video-nya di sini

Berikut video kejadian bayi tersedak tutup botol tersebut:


Kejadian di atas telah menghebohkan netizen di Filipina. Banyak yang menyarankan para orangtua di negeri itu agar lebih waspada saat mengawasi anak, apalagi bayi. Enggak boleh meleng sedikit pun.

Pada kesempatan terpisah, Ine Andriani, MPsi, menjelaskan, mengawasi bayi memang tidak mudah. Kita harus mengawasinya lebih, "Lengah sedikit saja bisa berakibat fatal, apalagi anak sudah bisa merangkak atau berjalan."

Ine berpesan, pastikan area dekat anak beraktivitas aman seperti tidak ada benda-benda kecil, aliran listrik, benda panas, obat, benda tajam, dan lainnya. Dengan begitu, orangtua bisa meminimalkan kejadian bahaya. Tapi menurutnya, walaupun sudah ekstra ketat ya tidak menjamin juga. "Lihat saja kasus di atas, sudah diawasi Bundadan neneknya saja, anak bisa kehilangan nyawa, apalagi orangtua membiarkan anak tanpa pengawasan atau menjaga anak sambil  bermain handphone."

Alangkah lebih baik bila orangtua sibuk atau sedang melakukan kegiatan penting dan mendesak lain seperti menelepon, pergi ke toilet, dan lain-lain, atau anak ditaruh di tempat aman seperti boks bayi, area ruang keluarga dengan pagar pengaman di sekeliling anak (baby play pen).

Dengan Menyentuh Ujung Jari Anda akan Tahu Jika Anda Memiliki Masalah Jantung atau Tidak, Yuk Coba Sekarang Juga ...

Ada sebuah tes sederhana untuk mendeteksi kesehatan  jantung yang dapat Anda lakukan di rumah. Sentuh ujung jari kaki Anda, ketahui apakah jantung Anda bermasalah atau tidak. 

Untuk mengetahui kerja jantung masih bagus atau tidak, peneliti memiliki panduan mudah yaitu cukup hanya menyentuh ujung jari kaki. Apabila tubuh Anda masih fleksibel untuk mencapai jari kaki, bermakna jantung Anda masih tetap cukup sehat.

Dalam jurnal Heart and Circulatory Physiology dijelaskan, dengan mengetes satu di antara elemen tubuh (jari kaki), seorang bisa tahu jantungnya masih tetap sehat atau tidak, bahkan juga di tengah-tengah liburan sekalipun.

Langkahnya gampang, cukup cuma duduk di lantai dengan kaki diluruskan ke depan dan jari kaki mengarah ke atas. Lalu coba menjangkau dan menyentuh ujung jari kaki dengan tangan. Apabila Anda cukup fleksibel untuk menyentuh jari kaki bermakna jantung Anda tetap masih sehat dan fleksibel juga.

Dalam studinya, peneliti dari University of North Texas serta beberapa peneliti Jepang merekrut 526 partisipan pada umur 20 hingga 83 tahun. Partisipan lantas ikuti tes fleksibilitas tubuh sembari diukur tekanan darah, pembuluh arteri serta aktivitas jantungnya

Akhirnya, peneliti temukan korelasi pada tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tak fleksibel, terutama pada partisipan di atas umur 40 tahun.

Mereka yang gagal dalam tes fleksibilitas tubuh serta tidak berhasil meraih ujung jari kaki nyatanya memiliki pembuluh darah yang kaku, dan artinya kemampuan jantung jadi kurang baik, efektif dan risiko penyakit jantung juga meningkat.

Peneliti Jepang Dr Yamamoto mengemukakan, walau teori pada jalinan otot punggung serta kaki dengan otot di dekat jantung masih samar-samar, tetapi karena itu ada studi ini cukup membantu.

Kekakuan otot punggung, kaki serta pembuluh jantung yang sama-sama berhubungan itu karena komposisi kolagennya yang sama.

” Apabila Anda bisa menyentuh jari kaki saat duduk lurus, jantung Anda berarti masih tetap cukup baik. Tetapi apabila tidak bisa, mungkin saja Anda perlu mendatangi kardiolog ” tutur Dr Yamamoto, seorang peneliti Jepang seperti diambil dari New York Times.

Namun Yamamoto menyampaikan tidak selama-lamanya otot kaku yaitu tandanya penyakit jantung, hanya mungkin jantungnya kurang fit serta sehat saja dari yang seharusnya.


Sumber: www.huffingtonpost.com