Ini dia Resep Cara Membuat Ayam Goreng Ala Richeese dengan Saus Keju yang Lezat. Simak Resepnya Yuk!

iklan
Ayam goreng super pedas berwarna kemerahan dengan rasa gurih keluaran resto fast food Richeese memang sempat booming beberapa waktu yang lalu. Teman-teman kantor saya pun tak ketinggalan untuk membicarakannya, dan ketika ada kesempatan berusaha untuk bersantap siang disana saat jam istirahat kantor tiba. Walau letak resto fast food ini cukup jauh namun sepertinya tidak menghambat mereka untuk meniatkan hati berkunjung.

Sejak menyantap ayam goreng pedas tersebut berbulan-bulan yang lalu, terus terang bayangan hendak membuatnya sendiri di rumah menari-nari di kepala. Aneka bumbu pun mulai dikira-kira untuk menciptakan saus kemerahan yang terasa manis, asam dan pedas. Tapi walau tangan ini terasa gatal untuk segera bereksperimen di dapur namun momen yang tepat tak kunjung tiba hingga saat harus menyusun menu di buku ketiga saya, '90 Resep Masakan Rumahan untuk 1 Bulan' yang sudah diterbitkan beberapa bulan yang lalu. Nah resep fire chicken wings yang terinspirasi dari Richeese ini sepertinya menu yang cukup menarik untuk dicoba dan menjadi salah satu resep pengisi buku. Walau hasil akhirnya tidak sepedas ayam a la Richeese namun untuk rasa lainnya hampir mirip. Terus terang saya cukup puas dengan hasil kutak-katik di dapur ini.

Membuat ayam goreng pedas ini cukup mudah, untuk resep ini saya menggunakan sayap ayam. Alasannya, sayap ayam memiliki daging lembut dengan potongan yang tidak terlalu besar, ini membuatnya mudah matang kala harus digoreng dalam balutan tepung yang gurih. Anda tentu saja juga bisa menggunakan potongan bagian ayam lainnya. Nah agar ayam mampu matang dengan baik hingga ke tulang, maka ungkep (merebus ayam dengan bumbu dan sedikit air) hingga potongan ayam matang, baru kemudian ayam dibalut tepung dan digoreng.  Atau gunakan potongan ayam yang tidak terlalu besar agar mampu matang dengan mudah. 

Fire chicken wings ini sedap menjadi lauk untuk menemani nasi hangat, atau camilan kala sedang menonton film bersama keluarga di rumah. Buat yang udah penasaran yuk kita simak sama-sama cara pembuatannya :

Bahan-bahan untuk 5 porsi

10 buah sayap ayam yg sudah dibagi menjadi 2
1 pcs tepung kentucky supercrispy kobe

Saos :

12 sdm saos cabe
5 sdm saos tomat
3 sdm saos tiram
3 sdm minyak wijen
4 tetes cuka masak
8 sdm cabe bubuk (saya pakai boncabe)
secukupnya air

Langkah

  1. Siapkan alat dan bahan
  2. Rendam sayap ayam telah dilumuri jeruk nipis dan telah di bilas kemudian rendam pada bawang putih geprek dan garam.
  3. Goreng setengah matang ayam tsb dengan api kecil.
  4. Pisah adonan tepung menjadi 2 bagian yaitu tepung basah dan kering. Agar lebih crunchy tepung basah diberi air dingin secukupnya.
  5. Lumuri ayam yg telah digoreng setengah matang pada 2 adonan tsb. Dengan cara dimasukkan terlebih dahulu pada tepung basah kemudian tepung kering hal ini dilakukan berulang secara 2x
  6. Goreng ayam pada api yang sedang hingga berubah warna kuning kecoklatan. Dan tiriskan..
  7. Siapkan bahan untuk membuat saos.
  8. Campur semua bahan saos sesuai yang sudah saya tulis di bahan" dan aduk hingga rata.
  9. Masukkan campuran saos tsb pada teflon dengan api sedang, biarkan hingga saos mulai meletup" tambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental
  10. Kemudian masukkan chicken wings pada saos yg telah jadi, dan aduk hingga rata agar chicken wings tertutup saos secara keseluruhan.
  11. Dan richeese fire wings ala andaaa siap dihidangkan🍗🔥
Cukup mudah bukan untuk membuatanya, selamat mencobanya dirumah jangan lupa di share juga ya !!