Ini dia Manfaat Kesehatan dibalik Makanan Pahit yang Perlu kamu Ketahui!

IKLAN
Sebagian besar orang tidak terlalu suka dengan makanan yang rasanya pahit. Makanan-makanan pahit seperti pare, daun pepaya, dan lain sebagainya, kerap kali dihindari orang. Padahal makanan-makanan pahit tersebut menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh seperti yg dilansir merdekaDOT com. Apa saja manfaatnya? Simak ulasannya berikut ini..

1. Membantu Pencernaan

Produksi enzim pencernaan yang ada di dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan pahit. Makin baik pencernaan makanan, makin banyak pula nutrisi yang dapat diserap tubuh.

2. Kaya vitamin dan mineral

Sayuran pahit seperti pare menawarkan segudang nutrisi yang baik bagi tubuh. Makanan pahit memiliki kandungan vitamin C, K, dan A, serta mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Sayuran-sayuran pahit juga kaya akan serat, dan foliate, namun rendah sodium dan lemak.

3. Melawan radikal bebas

Studi terbaru telah menunjukkan bahwa makanan pahit, termasuk salah satunya adalah cokelat pahit dapat membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Dengan kata lain, hal tersebut dapat mencegah penyakit kanker ataupun penyakit saraf.

4. Mengusir racun yang ada di liver

Kesehatan hati memainkan peran penting terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mencegah kesehatan hati bisa dilakukan dengan cara mudah dan sederhana, yakni mengonsumsi makanan pahit. Sayuran pahit seperti kale(sejenis kubis) dan sayuran lainnya yang mengandung phytonutrien dapat membantu liver atau hati melakukan tugasnya seperti menyeimbangkan hormon, menjaga tingkat kolesterol, dan menghilangkan racun dari darah.

5. Mengurangi ketagihan gula

Mengonsumsi banyak gula atau makanan manis bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, terlebih lagi bila anda mempunyai masalah dalam mengontrol gula darah. Kecanduan akan gula atau makanan manis bisa dikurangi dengan cara mengonsumsi makanan-makanan pahit.

SEMOGA BEMANFAAT